Tuesday, October 20, 2015

September, Full Of Fight!














































Ha hi hu he ho! Annyeong ٩(͡๏̯͡๏)۶

Gue mau curhat dikit tentang satu bulan yang gue lalui dengan penuh keringat dan darah. asik *waelah lebay*

Maksud darah dan keringat disini tuh lebih ke otak yang terus terusan dikuras, mata yang di paksa melek meski udah 5 watt, badan yang dipaksa bangun ngadep layar laptop meskipun kasur udah narik narik minta dikelonin. Ya, semacam itu. Semacam bertarung sama diri sendiri, pusing sendiri, ribet sendiri.

Hari ini udah lebih dari 18hari setelah gue laluin tahap satu itu semua, dan gue bisa sedikit bernafas lega dan nulis coretan coretan gakjelas ini. *brb close tab*

Semua berawal dari temen gue, Nisrina Kamilia.

Suatu hari di siang bolong, *kling* *anggep aja suara bbm* seperti biasa, tulisanya warna oren terpampang di layar kaca, pertanda itu cuma broadcast. Bete? Banget.  Dan tepat hari ini gue merasa beruntung soalnya saat itu gue memilih baca tulisan oren yang pas dibuka jadi biru itu. Biasanya, gue bakal langsung ngapus broadcast tanpa gue baca dulu, wk ¯\(°_o)/¯, udah keburu bete duluan.

     “Program Mentoring Menulis Online, dijamin satu bulan naskah kamu jadi!”

Gitu kira kira kalimat pertama yang ngebuka broadcast itu, mata ngantuk langsung melek, lanjut lagi, lanjut lagi. akhirnya gue baca broadcast panjang itu sampe abis.

Mentoring Menulis Online itu program pengajaran online selama satu bulan, yang ngejamin naskah kita jadi. Tertarik? Banget buat gue.

Langsung gue ikutin step step yang ditulis di broadcast itu, ketik daftar spasi bla bla bla gitu gue lupa pokoknya suruh kirim ke nomer bla bla bla. Oke, *send* *terkirim* udah. Gue Cuma tinggal nunggu sambil nanya nanya seputar program itu ke Ninis, belum lagi program ini di mentoring sama kak Brili Agung. Penulis 6 buku juga Co Writer para penulis penulis terkenal, coba? Gimana gak ngiler? Udah gitu acara yang di selenggarain oleh Inspirator Academy ini bekerja sama dengan Penerbit Elex Media Komputindo, wegila. Siapa yang gak kenal Elex Media? Gue yakin semua orang yang pernah ke gramedia pasti tau, dan mana mungkin gue harus nunggu nunggu lagi, langsung daftar aja kan.

Kurang dari 24 jam gue nunggu konfirmasi tapi gak kunjung dateng dateng juga. Tapi malemnya tiba tiba hp gue geter, dan itu adalah nomer yang gak asing, nomer sama yang waktu itu gue kirim sms buat daftar Mentoring Menulis Online yang disingkat jadi MMO ini.

Dan dalam sms itu bilang gue harus registrasi transfer biaya sebesar 1.000K. WANJRUG. Gue kaget seketika dan seketika kaget. Kayak ada petir nyamber pohon kelapa samping rumah terus jatoh kedebug. Oke kita ulang, gue disuruh transfer Rp,1.000.000 men, nol nya 6, bukan cuman 3, coba aja nol nya cuman 3, gue rela gak beli cimol buat ikut MMO *ditempeleng jaebum* *kedip kedip ayan*

Apa daya gue yang cuma mahasiswi yang masih ngandelin uang jajan emak? Kerja juga cuma sekedar kerja yang duitnya numpang lewat dan udah balik pulang pas tanggal 5? Gue langsung nelen ludah, kehausan. Aus akan uang maksudnya(?)

Udahlah ya gue pasrah aja, hayati mending nyelem ke kolam lele aja. pas itu kalo gak salah gue mau semesteran dan duit di tabungan udah terkuras abis buat bayar semester, kira kira di tabungan gak lebih dari 700K, masih kurang lumayan banyak cin, dan lagi ini nginget masih tengah bulan, kalo itu duit gue pake semua terus gue mau jajan apa? Martabak batu? Hm dilema berat. Dilema berkepanjangan sepanjang jalan pantura *dibegal sama yang lagi mudik*\(•ิ_•ิ\) 

Anyway, keinginan gue yang menggebu gebu itu terkikis pelan pelan karena masalah finansial seorang mahasiswi sekaligus pegawai swasta ini, kampret betul.

Gue galau. Beneran galau, ini galaunya lebih galau dibandingin nungguin doi yang lagi nyelem di laut.\(•ิ_•ิ\) 

Hari itu gue cuma mohon dan berdoa sama Allah, kalo gue harus bener bener ikut acara itu pun gapapa, gue rela meskipun harus nguras tabungan gue, soalnya itu emang menjanjikan dan jelas agenda acaranya, jelas kerjanya, udah banyak bukti dari orang orang yang ikut MMO batch sebelumnya itu udah berhasil nyelesaiin naskahnya dan sekarang buku mereka mejeng di Gramedia, thats my dream, and i’ll make it come true yaAllah, so please, if it’s your way for me to find and pick up my dreams, please, let me know that i must take it. Aku bisa ikut itu, aku yakin bisa, masalah uang aku bisa pinjem dulu, entah pinjem orang tua, atau siapapun, kalau ini emang beneran jalan Allah, aku rela kok ga jajan sampai akhir bulan, its fair. Aku bisa kok bawa bekel, aku bisa cepet cepet pulang dan makan dirumah, and it’s really really  fair jika semua  pada akhirnya di bayar dengan buku gue yang akan mejeng di salah satu rak buku di Gramedia, jadi YaAllah, berikan aku petunjukMu.

Hari berganti hari, deadline tranfer semakin cepet. Deadline pembayaranya nya tanggal 30 Agustus 2015 karena kelas bakalan dimulai tanggal 1 September 2015 dan naskah jadi pada 30 September 2015. Lah bisa dong kalo terakhir pembayaranya tanggal 30 Septermber kan lo udah gajian, Ci?. Beda. Emang nasib pegawai swasta yang tanggal gajianya gak ditentuin tanggal berapa, dan saat itu ada isu isu kalo gajian bakalan turun tanggal 5. Oemji hellaaaaaaaw! ヾ(★´Д)人(Д`☆)ノ゛

Singkat cerita, saat itu gue ikutan lomba menulis yang free. Buat pertama kalinya dari sekian lama hobi gue itu, gue baru memberanikan diri ikutan lomba. Dan disini gue bener bener kerahin semua imajinasi absurd gue yang nggenang di otak gue, entah gimana gue berdoa lagi, YaAllah, kalau aku menang lomba ini, aku emang harus ikut MMO itu.

Tanggal pengumuman lomba tiba, deadline pembayaran juga semakin cepet dan...ヾ(´^ω^)ノ♪



 (tentang lomba yang ini bakalan gue post nanti, wkwk, ngantri ye brayh)

Gue nangis terharu, for the first. YaAllah makasih udah ngasih aku petunjuk ini. aku bener bener yakin, disini aku harus ikut program MMO itu, Allah udah ngasih petunjuk, pasti ada jalan \(•ิ_•ิ\) 

Singat cerita lagi, meski agak susah nyari kekurangan uang itu dimana, untung papa sama mama gajian lebih cepet dari gue, Allah emang baik, dan Allah selalu ngasih jalan. Setelah jelasin ke mama dan papa mereka setuju pastinya, ah coba gue punya uang dan gakusah minjem minjem, gue gak bakalan bilang sama mereka, gue bakalan ikut program itu diem diem dan bikin kejutan, tadinya. Tapi doa orang tua emang gak pernah dipungkiri, dahsyatnya Subhanallah. Mungkin Allah pengen orang tua gue tau, dan bisa ikut doain gue selama perjuangan satu bulan yang pastinya bakalan berdarah darah itu.


Bismillahirahmanirahim..


Abis ngirim bukti transfer, jantung gue degup degup kenceng banget, gak sabar kelas dimulai dan ikutin semua programnya, lebih gak sabar lagi naskah gue bakalan jadi dalam waktu sebulan kedepan.

Sehari sebelum tanggal 1 September, yaitu hari di mulainya kelas menulis online ini, gue dan 18 orang mantee lainya di persatukan dalam satu grup WhatsApp, yang judulnya Mentoring Menulis Online Batch 4.  emang canggung pas hari pertama kenalan, ini bener bener jauh jauh bangetttt buset. Ada yang dari medan, ada yang dari kalimantan, banyak banget. Beraneka macam bentuk rupa, daerah dan proffesi, ada yang masih mahasiswi kayak gue, ada yang ahli komputer, sampe ada yang wartawan sekalipun. Banyak pokoknya beraneka ragam.

    Hai namaku Suciati Cipta Sejati, panggil aja Cici
    Domisili Tangerang
    Profesi Mahasiswi
    Buku Favorit : karya Chika Shiomi, Obayashi Miyuki, Arina Tanemura,


Gitu kira kira perkenalan yang gue lakuin untuk mulai sapa di grup WA. Diem, hening. Gak ada yang komen satu pun. sedih hayati (︶︹︺)

*kling*

Satu jawaban yang bener bener menuai senyum

   “hai Ciciiiii aku juga suka Tanemura Arinaaaa, kita ngobrol yuk, japri aja”

Zulfana Imama. Kakak yang baik banget. Temen seperjuangan yang nyapa gue pertama kali. Sejak itu rasanya gue kayak dapet seorang kakak yang nyemangatin gue terus menerus. Sering japri-an sama kak Zulfana dan ngobrol yang agak absurd seputar Jepang dan Korea. Kak Zulfana pernah jadi kpopers tapi sekarang dia lebih ngayuh haluan ke Jepang. Asik banget punya temen seperjuangan kayak Kak Zulfana ini, ramah, asik dan agak konyol wkwk, senengnya ketemu teme perjuangan yang nyambung, kayak ketemu sodara jauh :’’’)

Oiyaaa sampe ketinggalan,.. jangan lupa juga sama Ummu Amalia, si kecil kecil cabe rawit, wakakaka. gue sempet malu sama dia. dia itu lebih kecil daripada gue, umurnya masih 19tahun. tapi dia selalu jadi pengirim tugas tercepet sepanjang zaman selama berjalanya MMO, heran, sebenernya dia ngetik jam berapa? beda jauh banget sama gue yang kalo ngirim PR tuh beberapa jam sebelum deadline, dan bahkan beberapa menit sebelum deadline wkwkwk :"D

Ummu selalu ngasih semangat, sepanjang jalan pantura *salah* maksudnya sepanjang jalanya program MMO, dia juga jadi sering japrian sama gue, dia selalu ngasih semangat semangat dengan quotes quotes andalanya ;)

Marhamah, sama juga sama Ummu, dia sering japrian sama gue dan sering curhat juga, ngasih semangat juga, thanks Marhamah ;)

Mba Nuning, samaaa!! ibu ibu gaul yang kata katanya bisaaa aja *toel toel mba Nuning* wakakaka ;D




.

Ini foto yang wajib gue pake buat semua social media. Aduh, gue kan maunya rahasia. Kalo gue pake ini pasti semuanya bakalan tau dong gue lagi ikutan MMO-__- tapi ini juga termasuk dalam hitungan poin, makin banyak profil social media yang diganti, makin banyak pula poin nya. Yaudah ok, gue harus tetep jalanin dan gak boleh menye menye(?). gue pasang foto ini di semua social media gue. Semuanyaaaa! Facebook, Twitter, WhatsApp, BBM, Line, Google+,Tumblr,Path, Instagram, Blog. Semua dah itu gue ganti foto profile berderetan, dan untungnya gue emang alay social media, jadi semua sosmed gue punya wkwkwk, bangga? Untuk kali ini gue bangga dengan ke 4l4y-an gue. *dilempar rengginag* *mangap mangap kelaperan*


TUGAS MINGGUAN

horror. makanya di kasih warna merah biar greget.


     Gue : Gorok aja hayati bang gorok!
     Jaebum : Jangan neng nanti abang sendirian
     Gue : Biarin bang hayati udah gak kuat liat abang sama janda anak dua itu!
     Oke. *gagal drama* *gagal jadi pemain eptipi* *skip*


Ada 2 tugas yang dikasih. 2? Dikit lah men, eit liat dulu. Tugas pertama PR Harian. PR Harian itu One Day Four Page. BERAPAAA ANAK ANAAAAK? FOUR PAGE! Satu hari 4 lembar. Dan itu harus di kirim setiap hari selambat lambatnya jam 23:59. Bayangkan, rasakan.

Dan tugas kedua, PR Mingguan. PR Mingguan yang bakalan dikasih setiap minggu dan deadline pengumpulanya hari ini pada minggu berikutnya. Jadi? Total aja ada berapa PR yang harus gue kerjain sebulan itu. *brb ambil sempoa*


Tapi entah, waktu di hadepin sama banyak PR itu gue gak takut sama sekali. Gue malah ngerasa bahagia dan sedikit ngerasa punya tanggung jawab terhadap diri gue sendiri. Harus fight, Ci! Gakboleh nyerah, gakboleh sia siain uang yang udah lo investasikan buat ini. satu bulan, Ci. Itu termasuk cepet. Dan mau gak mau ya lo harus ekstra cepet. kerja ekstra. Serba ekstra.

Kak Brili bilang,
walaupun ini terkesan berat, tapi ini mimpi kalian, dan kalian pasti enjoy kok ngejalaninya

Dan bener. Gue enjoy banget jalanin semua tugasnya, enjoy banget sampe rasanya waktu berlalu juga cepet pake banget!









Tugas Mingguan pertama, bikin deklarasi.


Tugas Mingguan pertama, bikin scoring board

PREMIS : seorang gadis yang kembali ke masa lalu untuk mengubah masa depan, namun apabila dia mengubah masa depan, ia tidak akan pernah terlahir di dunia

Tugas Mingguan pertama, bikin premis.


TUGAS HARIAN

ditulis pake merah juga biar gak kalah greget. tugas harian yang four page itu ya kita disuruh nulis novel yang mau di buat, gak mungkin kan di copas kesini (•̯͡.•̯͡ (•͡. •͡ !) 
jadiii, gue screenshoot aja feedback dari kak Brili ٩(͡๏̯͡๏)۶

Ini feedback2 dari Mentor Brili mengenai tugas Harian aku, ya di minggu minggu pertama masih dikit kendalanya,٩(͡๏̯͡๏)۶










Dan memasuki pertengahan MMO, gue belum juga nyelesaiin setengahnya dari naskah. Kak Brili bilang gue harus kerja cepet. Kalo nggak naskah gue gak bakalan selesai. Kagok. Rasanya mau udahan aja, gakuat hayati di kritik pedeshhh, aduh mba cabe nya berapa sih mba? ini ko pedes banget? ;'D











Tapi balik lagi, ini masa masa intinya, masa masa di mana kita mau nyerah. Tapi pas hal paling buruk sekalipun pemeran utama gakpernah nyerah, dan gue harus jadi pemeran utama itu, berhasil engga belakangan, yangpenting engga nyerah dulu :)


Sampai akhirnya yang tadinya gue bikin 4 page setiap 1 hari. 10 hari teakhir gue salalu bikin PR itu berkisar 12 – 39 page. Bayangin, gue pernah dalam sehari itu ngetik sebanyak 39 halaman demi ngejar ending naskah yang bakalan terjadi pada akhir bulan.














Finnaly rampung. RAMPUNG YA ALLAH TERIMAKASIH. *kibarin bendera merahputih*

Subhannallah.

Alhamduluillah.


Daridulu gue selalu bikin cerbung sama ff, tapi belum pernah tamat dan bahkan sekarang tulisan gue itu terbengkalai. Baru kali ini, gue bikin Novel dan naskah gue jadi dalam waktu satu bulan :’’’’’)

Thankyou mama, papa, tia, temen temen, Inspirator Academy, Kak Brili, Kak Rahma. Kak Zulfana, Ummu, Marhamanh, Mba Nuning, dan semua mantee mantee yang makin hari makin lengket dan nyemangatin satu sama lain meskipun waktu hari pertama canggung banget.


"Terus buku lo udah ada di gramedia, Ci?"

Belum.
Ya.. belum.


Ternyata program ini emang bener bener amazing. Dalam fikiran gue kita bakal di bimbing sebulan dan semua mentor bakalan lepas tanggung jawab gitu aja setelah itu, tapi.. ternyata nggak. Gak disangka program ini masih berjalan sampai 2 bulan kedepan. Setelah ini adalah waktu self editing. Self editing ini penting buat ngedit naskah yang udah jadi, moles nya biar cantik sebelum kita ngunjungin penerbit pada bulan berikutnya.

Bismillah lagi, semangat lagi!

Ini hari ke 18 masa self editing berlangsung. Dan gue baru ngedit dikiiiiiiiit banget ;’) tapi fighting! Pasti bisa! Pasti bisa! Pasti bisa! Sampe saatnya nanti ke 19 mantee bakalan kumpul di Elex Media, dan kita bakalan ketemu buat yang pertama kalinya!

Penasaran sebenernya novel macem apa yang gue bikin? Tunggu aja ya ;) wkwkwkwk *sekalian promosi* *ditagih jatah reman*







Salam, ON FIRE!!!


Regards, cicicipta

0 comments:

Post a Comment

Happy Apple