Monday, March 5, 2012

Hilangkan Rasa Bosan Dalam Belajar


Bosan dalam belajar? pastinya sering bangeeeeeeeeeeeeet! apalagi gue, nggak tau kenapa ya kalo baca komik walaupun udah jam 12 malem tapi pasti dilanjutin sampe itu komik sampe abis, ya abisnya penasaran sama jalan cerita selanjutnya-_- nah, kenapa kalo baca buku pelajaran itu rasanya berat banget? baca buku matematika sejam aja udah kerasa kayak se-abad-_- wahaha oke gue akuin se-abad itu lebay, tapi bener kaaan? mata udah ngantuk banget dan kalo ngeliat bantal dan kasur itu rasanya memanggil-manggil minta di peluk (itusih menurut imajinasi gue-_-")

Kenapa belajar bikin bosen? dan gimana cara ngatasinya? yuk lihat hehehe^^ cekidot...



Biasanya kalo gue sih bosen belajar itu gak jauh-jauh alesanya dari : ...
  • Bukunya bikin bosen alias monoton, buku pelajaran itu umumnya gak menarik buat dibaca dan gak bersahabat dengan mata, jadinya bikin mood untuk membacanya ilang duluan sebelum membaca
  • Pelajaran masa lalu, misalnya, pelajaran-pelajaran yang lalu dan belum dimengerti terus-terusan muncul dan menghantui di soal-soal berikutnya, jadi bikin malas buat menjawab soal yang enggak bisa itu dan bikin takut buat belajar bab yang baru-_-
  • Capek, itu alasan yang paling sering gue sebut-_- ya gimana ya? disekolah udah capek banget belajar ini itu ditambah harus ngerjain PR yang harus dikumpulin besok, ditambah lagi harus belajar materi-materi buat persiapan ujian haduduh emang itu sih tugas pelajar tapi ya enggak dipungkiri juga dong, itu salah satu penyebab malasnya belajar
  • Godaan alat teknologi dan hal-hal lainya, aduduuuh gimana mau belajar coba, dikamar kita udah tersedia komputer/laptop pribadi yang siap digunain kapan aja, ada handphone yang tiap saat berdering dari sang pacar atau sahabat, apalagi kalo malem minggu, duh yang harusnya jadi jadwal kita buat belajar jadi gak ada sama sekali, yang pacaran pasti hangout sama pacarnya dan yang single alias jomblo pasti udah mantengin depan komputer alias online, yap! itu gue salah satunya yang rajin online tiap malem minggu hehehe-_-v
  • Dan banyak lagi faktor-faktor yang bikin kita gak mood buat belajar

Gimana cara ngatasinya? cara ini aku dapet dari blog tetangga, guru-guru, orang tua, majalah, dan dari pengalaman aku sendiri^^ simak ya, cekidot...

  • Niat, yang ini kata guru gue, katanya hal yang pertama di camkan itu NIAT, kalau kita udah niat betul-betul dari awal dan ingin bisa dalam hal pelajaran pasti kedepanya bakalan gampang, pasti bakalan ada semangat yang luar biasa setiap harinya buat belajar
  • Punya Sasaran, yang ini juga kata guru gue, katanya dalam hal apapun kita harus punya sasaran dan tujuan, kita tegasin dalam diri kita sendiri kalau kita mau jadi seperti Albert Einstein misalnya, maka setiap ada setan yang datang dan melarang belajar, kita tinggal bayangkan saja dalam diri kita bahwa kita mau jadi seperti Albert Einstein, dan kalau mau jadi seperti dia kita harus belajar, pasti rasa malasnya hilang dengan besarnya rasa kemauan kita^^
  • Mempercantik Catatan, solusi supaya kita gak jenuh sama buku kita? coba deh percantik catatan kamu, terseraaah mau kayak gimana, disini kamu bisa kreasi sesukamu, misalnya kamu suka doraemon, gambar aja doraemon di setiap sudut catatan kamu, udah gitu kamu warnain pake berbagai spidol warna dan stabilo, pasti bakalan lebih menarik buat dibaca, kalo buku catatan gue selalu ada gambar kartun nya, plus coretan bentuk lope-lope gitu deh, apalagi kalau lagi galau, pasti gambar lope-lopenya retak wk-_-v
  • Enjoy Your Study, cara belajar orang beda-beda, coba bagaimana cara belajar yang nyaman buat kamu? asalkan bisa bikin kamu santai dalam belajar its okey, kalo gue sih sambil senderan di kasur plus ngemil dan dengerin lagu hehehe ._.v
  • Musik, yap musik! ini kata guru gue juga hehhe._. coba nyalain musik untuk menghilangkan rasa stress kamu dan sedikit relaksasi, buat otak yang sedang berfikir keras jadi rileks, tapi jangan musik rock, metal atau musik-musik keras yang malahan bikin konsentrasimu pecah, pilih musik yang tenang, rileks dan nyaman untuk belajar^^ (contohnya musik classic)
  • Siapin Cemilan, hehe ini sih kebiasaan gue-_- kalo belajar sambil ngunyah sesuatu kayaknya asik aja gitu, apalagi ngunyah permen karet, engga tau kenapa enak aja hehe (aneh ya)._.v
  • Bikin Pertanyaan dan Jawab Sendiri, ini kata bokap gue, pelajari tiap bab-bab di buku itu, kalo udah selesai dan merasa kamu udah menguasai, coba kamu bikin pertanyaan sendiri, terus bukunya kamu tutup dan kamu coba jawab sendiri pertanyaan yang kamu buat tanpa ngeliat ke buku, nah nanti kalau udah selesai kamu cocokin jawabanya, berapa jawaban yang masih salah? dari situ kamu bisa ngukur kemampuanmu, jawaban yang salah bisa kamu pelajari lagi^^
  • Main tebak-tebakan, ini juga kata bokap gue, biasanya gue ngasih buku gue ke adek gue, terus nanti adek gue nebakin gue gitu, dan gue jawab pertanyaan yang diajuin adek gue itu hehe jadi asik deh soalnya belajarnya jadi nggak sendirian^^
  • Tahan segala godaan! yaaa susah kalau diajak jalan sama pacar gimana? apalagi pacarnya LDR dan gak bisa ketemuan tiap hari, udah gitu komputer melambai-lambai minta online, yah itu sih balik lagi ke niat, mau belajar dan dapet nilai yang bagus atau......, Ask Yourself^^
  • Dating Plus Study, Yap! kalau kamu bingung milih antara belajar atau hangout bareng pacar, solusinya adalah jalanin aja dua duanya, hehe^^ kamu ajak pacarmu kerumah kamu belajar bareng, kan seru tuh bisa diajarin dan belajar bareng pacar dan pastinya bakalan lebih semangat belajarnya hehe, udah gitu keuntunganya double, sambil menyelam minum air hihi^^
  • Istirahat sejenak, penat pastinya kan ada disekolah seharian dan di penuhi dengan bejubel materi-materi yang banyak? istirahat aja dulu, santai dan kalau sempet, kamu bisa tidur siang selama 2jam, abis itu mandi, kan jadi seger tuh, baru deh belajar lagi^^
  • Berdoa, berusaha tanpa berdoa percuma, hehe :) jangan lupa berdoa untuk kesuksesan dan kemudahan kamu^^
Hwaiting!!

Ok, Thats for me, semoga berguna yaa, dan sukses buat kita semuaaaa^^
Over all thanks for visit and see you next time^^

Regard   : @cicicipta   

2 comments:

  1. cieeee..
    tau aja klo w kadang males belajar ci -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya ji bukan lu doang, guie juga soalnya-___- hahaha

      Delete

Happy Apple